Pelantikan PD IPHI Kab.Purbalingga Masa bakti 2011-2016

Purbalingga – Penyambutan Jamaah Haji Kabupaten Purbalingga tahun 1432 H / 2011 M dilakukan pada tanggal 29 Desember 2011 bertempat di Pendopo Dipokusumo Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Pada musim haji tahun ini jamaah yang berangkat dari Kabupaten Purbalingga sebanyak 472 orang, namun yang kembali ke tanah air sebanyak 471 orang. Satu orang jamaah meninggal dunia di tanah suci setelah selesai melakukan semua ritual haji. Bupati Purbalingga, Drs.Heru Sujatmoko, M.Si. yang menyambut dalam acara itu menyampaikan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada para Jamah Haji yang senantiasa berdoa untuk Bupati dari tanah suci, namun Heru menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, karena selama satu setengah tahun menjabat Bupati Purbalingga merasa belum dapat berbuat banyak bagi rakyat Purbalingga.

Acara penyambutan jamaah haji tersebut bersamaan dengan pelanitkan Pengurus Daerah Ikatan Persdaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Purbalingga Masa Bakti 2011-2016. Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Purbalingga Masa Bakti 2011-2016 dibentuk berdasarkan hasil Muasyawarah Daerah IPHI Kabupaten Purbalingga yang diselenggarakan pada tanggal 12 November 2011 yang lalu.

Adapun susunan Pengurus yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Pengurus Pusat IPHI nomor 3.118/Skep/PP.IPHI/XII/2011 tanggal 13 Desemeber 2011 adalah sebagai berikut :

Ketua : Drs.H.Sukento Ridho Marhendrianto, M.M.
Wakil Ketua I : Drs.H.Munir
Wakil Ketua II : H.Sadiman, S.Pd.
Wakil Ketua III : H.Habib Ali Al-Quthban
Sekretaris : H.Rofik Hananto, S.E.
Wakil Sekretaris I : Drs.H.Siswadi
Wakil Sekretaris II : H.Fanani Muhammad
Wakil Sekretaris III : H.Untung Sujono, S.Pd.
Bendahara : H.Aman Waliyudin, S.E.
Wakil Bendahara I : H.Jasin, S.Sos.
Wakil Bendahara II : Drs.H.Mukhtar

 

Disamping Pengurus Harisan tersebut di atas, dilengkapi pula dengan bagian-bagian, yaitu :
1.      Bagian Organisasi dan Keanggotaan
2.      Bagian Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Umat
3.      Bagian Bina Usaha dan Pemberdayaan Umat
4.      Bagian Pendidikan dan Latihan
5.      Bagaian Dakwah
6.      Bagian Pemberdayaan Perempuan

Pelantikan dilakukan oleh Drs.H.M.Nur Fawzan Ahmad, M.A., Sekretaris Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Jawa Tengah. Dalam pidato pelantikannya. Fawzan mengingatkan agar IPHI Kabupaten Purbalingga menjadi IPHI yang kontributif, yang banyak memberi manfaat bagi umat. IPHI adalah organisasi kebajikan dalam rangka memelihara kemabruran haji. “Tidak ada yang membayar pengurus IPHI, bayarannya hanya 2 M, Maturnuwun Mas, atau bahkan 5 M, Maturnuwun Mas, Mugi-Mugi Mabrur (terima kasih Mas, moga-moga mabrur”), candanya. Namun Fawzan menegaskan agar siapapun
yang terjun dalam organisasi IPHI agar diniatkan untuk meningkatkan kesalehan pribadi maupun kesalehan sosial. Fawzan juga menyinggung kegiatan Hari Lahir ke-22 dan Rakernas IPHI yang kegiatannya dipusatkan di Solo Jawa Tengah, yang diantara kegiatannya adalah pemberian IPHI Award yang tahun ini kategorinya diperluas menjadi sepuluh macam. Purbalingga diharapkan mampu mengambil bagian dari kegiatan ini.

Drs.H.Sukento Ridho Marhendrianto, M.M. yang terpilih sebagai Ketua PD IPHI Kabupaten Purbalingga Masa Bakti 2011-2016 adalah Wakil Bupati Purbalingga saat ini. Dalam sambutannya Sukento menyampaikan pidatonya yang antara lain mohon doa restu berbagai kalangan atas terbentuknya

kepengurusan PD IPHI Kabupaten Purbalingga Masa Bakti 2011-2016, dengan harapan semoga pengurus ini dapat mewujudkan cita-cita lama Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Purbalingga sebelumnya, yaitu membangun kantor dan gedung IPHI yang representatif. “Beramal kebajikan kalau dilakukan bersama-sama, tentu hasilnya akan lebih baik daripada dilakukan sendiri-sendiri tanpa koordinasi”.(H.M.Sya’roni – WakilSekretaris PW IPHI Provinsi Jawa Tengah)