IPHI Minta Jaga Kemabruran Haji

Banjarmasin-Sekretaris I Pengurus Pusat  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), H. Anshori mengatakan,  UU haji ke depan diharapkan dapat mengakomodasikan pendidikan umat, karena  dalam ritual haji terkandung nilai-nilai pembelajaran melalui manasik haji dan harus memberikan manfaat bagi umat Islam itu sendiri.

Anshori mengatakan hal tersebut  disela-sela Musyawarah Wilayah (Muswil) III IPHI Provinsi Kalsel,  Sabtu (30/6), sambil mengatakan, setiap jamaah haji harus memberikan manfaat besar  bagi kesejahteraan dan kemaslahatan umat Islam ke depan.

Ia juga mengatakan, keberadaan seorang haji ditengah-tengah masyarakat akan menjadi panutan dan teladan, dimana setiap gerak-gerik dan langkah akan menjadi perhatian masyarakat, sehingga hal ini perlu adanya pendidikan bagi seorang haji.

Anshori meminta kepada seluruh jamaah haji di Indonesia  senantiasa menjaga kemabruran hajinya, bukan saja disaat tiba dari pelaksanaan ibadah haji, melainkan untuk selama-lamanya, sebagaimana semboyan IPHI “Haji sepanjang hayat”.

Anshori menyesalkan apabila ada seorang haji melakukan perbuatan tercela dan kema’siatan, karena predikat dan gelar haji  sangat melekat pada diri seseorang, sehingga apabila  melakukan perbuatan tersebut, maka  sungguh telah  menyakiti hati para haji lainnya dan bahkan umat islam pada umumnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kalsel Drs  H Abdul Halim  mengatakan membina dan membibing untuk melestarikan haji mambrur sangat perlu. Karena beberapa jemaah haji perlu mengajukan pertemuan diisi dengan ceramah agama melesatarikan haji mambrur.

Ia juga mengingatkan untuk selalu mengajak umat Islam menjaga kemambruran, sebagaimana saat berada di tanah suci supaya tetap, terporgran dalam hati. Karena itu, menyambut baik dalam melakukan pertemuan IPHI minimal, triwulan agar bersama-sama menjaga kemambruran haji.
Karena jika diperhatikan dalam tahun ini dan tahun sebelumnyan, banyak masyarakat berangkat haji dan umroh tetapi setelah kembali ke banua sering ditemui sama sebelum berangkat haji.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudarahaan Haji Provinsi Indonesia Kalsel yang juga ketua panitia Drs H Sain mengatakan pertemuan ini diharakan mempererat silaturahmi dalam rangka meningakatkan konsoludasi dan menghimpun kembali jemaah haji di Kalsel untuk bersama-sama menjaga kemabnrubar haji melalui silaturahmi di IPHI Kalsel dala menuju thema Haji Sepanjang Hayat.(iphikalsel)