Skip to Content

30 Calon Jamaah Haji Pamekasan Gagal Berangkat

Author: | Posted on 6:32 am

Pamekasan-Pada musim haji tahun ini Kabupaten Pamekasan mempunyai kuota sebanyak 1.413 orang, sekitar 1.300 diantaranya telah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH).

Kasi Haji Kantor Kementrian Agama Pamekasan, Juhedi mengungkapkan, dari 1.413 Kuota haji Kabupaten Pamekasan, sekitar 30 orang dipastikan gagal berangkat ketanah suci Mekkah.

Gagalnya keberangkatan mereka dikarenakan beberapa factor, seperti meninggal dunia, mengundurkan diri, sakit dan hamil, serta ada yang berangkat melalui Haji Plus.

Sesuai ketentuan dan aturan yang ada, nomor porsi mereka telah terbatalkan tidak bisa dipakai lagi dan itu akan digantikan nomor urut dibawahnya sesuai dengan Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Jawa Timur.

“Kami sampaikan ke propinsi nanti, berapa orang yang terserap. Kemudian di tingkat Propinsi diakumulasi semuanya seluruh Jawa Timur, kemudian memberi kesempatan ke nomor kursi berikutnya. Jadi tidak hanya Pamekasan namun akumulasi se Jawa Timur. Mungkin Pamekasan hanya mendapat beberapa kuota,“ ungkapnya, Kamis (29/8).

Jumlah calon haji Pamekasan yang akan berangkat tahun ini sekitar 1.400 ini mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya 811 orang.  Peningkatan tersebut karena kondisi perekonomian masyarakat yang semakin membaik, khususnya dikalangan petani mengingat jamaah haji Pamekasan rata-rata tiap tahun di dominasi para petani, utamanya petani tembakau. (rri)