Skip to Content

Mayoritas Calon Haji DIY Ikut KBIH

Author: | Posted on 7:11 am

Yogya-Keikutsertaan calon haji dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di DIY cukup tinggi, bahkan tertinggi se-Indonesia. Menurut Ketua Forum Komunikasi KBIH DIY, Ir H Wiyono Sumarto, hingga saat ini mayoritas calon haji DIY mengikuti KBIH, persentasenya mencapai 89,5%.

“Kalau di Sleman Kemenag tidak memberikan bimbingan, mungkin jamaah yang ikut KBIH lebih dari 90 persen,” kata Ir Wiyono pada pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) FK-KBIH DIY di Ruang Joglo Gedung PDHI Sasonoworo Alun-alun Utara Yogyakarta, Sabtu (02/03/2013).

Karena itu, lanjutnya, peran KBIH dalam membantu pemerintah, yakni dalam hal ini pelaksanaan ibadah haji, cukup tinggi. “Jadi, KBIH merupakan mitra pemerintah,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kasi Informasi Haji Bidang Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag DIY, Drs H Nurohman MA. Menurutnya, KBIH merupakan mitra yang baik, baik mitra pemerintah (Kemenag) maupun mitra umat. Karena itu diharapkan kalau ada jamaah non KBIH membutuhkan bantuan, hendaknya KBIH tidak lepas tangan.

“Kami tak ingin saat di Tanah Suci ada jamaah yang telantar. Karena itu kami juga berharap peran aktif dari KBIH,” kata Nurohman yang mewakili Kakanwil Kemenag DIY. (krjogya)