Skip to Content

IPHI Kota Mataram Harapkan Tambahan Waktu Manasik Haji

Author: | Posted on 7:38 am
IPHI Kota Mataram Harapkan Tambahan Waktu Manasik Haji

Mataram-Pelaksanaan Manasik haji yang dilaksanakan setiap tahun oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram dirasakan sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji (CJH). Karena itu IPHI diharapkan menambah waktu pelatihan manasik haji. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Wakil Ketua IV Kota Mataram TGH. Ahmad Muchlis dalam rapat pleno Pengurus Daerah IPHI Kota Mataram di ruang Kenari kantor Walikota Mataram, Sabtu (6/4/2013) yang dipimpin oleh Ketua Harian IPHI Kota Mataram TGH. Husnan Abadi.

TGH. Ahmad Muchlis yang juga menjabat anggota DPRD Kota Mataram mengatakan, selain dari hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya, ada juga CJH yang menyampaikan secara langsung agar waktu pelatihan dilaksanakan lebih panjang karena masih banyak jamaah yang membutuhkan penjelasan baik tentang manasik haji maupun di luar manasik haji. “Artinya beberapa kegiatan yang berkaitan dengan ibadah di tanah suci,” ujarnya.

Terkait hal itu, Ketua Harian PD IPHI Kota Mataram, TGH. Husnan Ahmadi mengatakan agar pengurus IPHI  dapat memberikan pelatihan manasik haji terbaik bagi CJH Kota Mataram musim haji 2013 begitu pula ke depan harus lebih baik.

Karena itu, lanjutnya lima bagian yang sudah terbentuk yakni bagian Organisasi,  Keanggotaan dan Kaderisasi, bagian penelitian dan pengembangan, kesejahteraan umat, bagian usaha, pemberdayaan umat, advokasi hukum, bagian pendidikan dan pelatihan dan terakhir bagian dakwah dan pemberdayaan perempuan diminta untuk melakukan rapat koordinasi pada masing-masing bagian. “Hasil rapat akan kita plenokan sekitar bulan Mei 2013,” katanya.

H. Husnan berharap agar hasil rapat pada tingkat bagian masing-masing dapat menghasilkan program kerja yang dapat mendukung program Pemkot Mataram khususnya dalam bidang pelatihan manasik haji bagi para jamaah calon haji. Serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pengembangan usaha, pemberdayaan masyarakat, dakwah serta pemberdayaan perempuan.

Untuk diketahui dalam rapat pleno itu, TGH. Husnan Ahmadi yang juga menjabat Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SDM Setda Kota Mataram menyampaikan SK dari Pengurus Pusat Nomor : 3.181/SKep/PP-IPHI/V/2012 tentang susunan Pengurus IPHI Kota Mataram 2012-2017, dimana disebutkan  Ketua IPHI Kota Mataram TGH. H. Ahyar Abduh, Ketua Harian TGH. Husnan Ahmadi, Sekretaris Drs.H. Moh. Hasbah, dan Bendahara H. Musleh. (ntbterkini)