Skip to Content

Tahun Ini, Kota Ambon Alami Pengurangan Jatah Kuota Haji

Author: | Posted on 6:25 am

Ambon-Tahun 2013 ini, kota Ambon mengalami pengurangan kuota Haji sebanyak 20 dari 327 orang, kata Kasie Urusan Agama Islam (Urais) dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Ismael Kaliki.

“Terjadi pengurangan sebanyak 20 orang itu sesuai SK Gubernur Maluku Albert Karel Ralahalu yang didasarkan pada hasil rapat di DPRD provinsi beberapa waktu lalu,” kata Ismael Kaliki di Ambon, Senin (27/5).

 Menurut dia pengurangan jatah itu sudah disampaikan dalam pertemuan di Kanwil Kementerian Agama bulan April.

“Bila dihitung berdasarkan perhitungan satu berbanding 1.000 pada satu wilayah maka Kota Ambon terjadi pengurangan sedangkan beberapa kabupaten dan kota lainnya terjadi penambahan. Proses ini dilakukan dengan memperhitungkan daftar tunggu,” ujarnya.

Kalau bicara masalah daftar tunggu, lanjutnya, maka Kota Ambon yang terbanyak yakni 2.150 orang yang terdaftar hingga April 2013 dan masuk daftar tunggu sampai tahun 2020 dengan perhitungan kuota per tahun 327 orang.

Ismael juga menyatakan bahwa jumlah tersebut kemungkinan sudah bertambah sebab dari pertengahan April hingga menjelang akhir Mei 2013 ada masyarakat yang mendaftar.

Berdasarkan data Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, dari 710 orang kuota haji Maluku sesuai penetapan dari Pemerintah Pusat maka Kota Ambon tercatat sebanyak 307 orang, Seram Bagian Barat (SBB) 60, Seram Bagian Timur 48, Kabupaten Aru 26, Kabupaten Buru 63, Maluku Tengah 80, Kabupaten Maluku Tenggara 117, Maluku Tenggara Barat tiga orang, sedangkan tenaga pembimbing haji daerah enam orang.

Sementara itu, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2013 sebesar 3.807 dolar AS dan tinggal dikalikan dengan kurs pada saat mereka melakukan penyetoran, katanya.

“Proses pelunasannya sudah mulai dilakukan sejak tanggal 22 Mei dan akan berakhir 12 Juni 2013,” kata Ismael. (beritamaluku)