Skip to Content

Pemohon Paspor Haji di Kantor Imigrasi Waru Melonjak

Author: | Posted on 8:28 am

Sidoarjo-Musim ibadah haji masih sekitar empat bulan lagi, namun pemohon paspor haji untuk keberangkatan tahun 2013 di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo sudah melonjak tajam.

Tercatat rata-rata antara 400 hingga 500 pemohon paspor haji setiap harinya harus antre di kantor imigrasi untuk mendapatkan paspor haji. Antrean pemohon paspor haji sudah terlihat di kantor imigrasi ini sejak tiga hari terakhir. Meskipun telah disiapkan loket khusus untuk kepengurusan permohonan paspor haji, belum mampu mengurangi antrean panjang layanan permohonan paspor haji.

Tahun ini loket pengurusan paspor haji di kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya dibedakan dengan loket pengurusan paspor umum. Seluruh layanan permohonan paspor haji mulai dari pendataan, wawancara hingga foto paspor dilakukan di ruangan sendiri yang dikhususkan untuk pemohon paspor haji.

Namun dua ruangan tambahan di area kantor Imigrasi Waru yang disediakan khusus untuk pemohon paspor haji ternyata belum mampu menampung pemohon paspor haji yang melonjak. Kondisi ini menyebabkan waktu proses pengurusan paspor haji juga molor antara tiga hingga empat jam. Untuk mengurangi antrean seperti ini pihak kantor imigrasi meminta kantor Kementerian Agama Jawa Timur segera menyerahkan data pemohon paspor.

“Biar nantinya tidak terjadi penumpukan pemohon paspor haji,” kata Kepala Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Dahlan Pasaribu, Selasa (4/6).

Jumlah pemohon paspor haji untuk musim haji tahun 2013 yang melalui Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya mencapai sekitar sembilan ribu orang. Angka ini sesuai dengan kuota yang diberikan pihak Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. (metrotvnews)