Skip to Content

1.840 Jemaah Haji Bekasi Lunasi BPIH

Author: | Posted on 6:51 am

Bekasi-Jumlah calon jamaah haji yang masuk porsi berangkat tahun 2013, sampai Kamis kemarin sudah 1.840 jamaah yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 3.522 dolar AS.

“Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya sejak dibuka pada 22 Mei lalu,” ujar Shobirin, Kepala seksi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bekasi, saat dihubungi Pos Kota.

Peningkatan ini diakui Shobirin, karena pemerintah hanya membuka satu gelombang saja untuk mereka yang masuk porsi tahun ini, “Jika sampai 12 Juni, tidak juga melunasi, maka calhaj tertunda keberangkatannya,” tandas Shobirin.

Jika dihitung persentasi, jumlah Calhaj yang sudah melunasi BPIH berkisar 81 persen dari jumlah quota jamaah Kabupaten Bekasi sebanyak 2.265 jamaah, “Kemungkinan yang tidak melunasi hanya 10 persen, karena masih ada waktu sepekan,” tambah Shobirin.

MANASIK 15 JUNI

Para calon jamaah haji yang sudah melunasi dan mengurus kesehatan dan paspor akan memulai manasih, pada 15 Juni mendatang, “Ini dilakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata Shobirin, sambil mengatakan manasik diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Bekasi, bekerjasama dengan Kantor Uruan Agama (KUA) kecamatan.

Yang saat ini harus dilakukan para Calhaj adalah mengecek kesehatan awal di Puskesmas, kemudian general chek up di RSD Kabupaten Bekasi, mengurus persyaratan paspor dan melengkapi nama paspor dengan tiga suku kata, bagi yang sudah memiliki.

Menyingung daftar tunggu, Shobrin mengatakan mereka yang mendaftar di bulan Juni tahun 2013, praktis daftar tunggu (waiting list) mencapai sepuluh tahun, “Setiap hari rata-rata ada 30 orang yang mendaftarm” ujar Shobirin.

Sedangkan, jadwal calon jamaah haji masuk asrama haji mulai 09 September 2013 dan Kelompok terbang pertama direncanakan pada 10 September 2013 dan masa akhir pemulangan 19 Nopember 2013. Masa operasional gelombang 1 dan 2 masing-masing 15 hari .(poskotanews)