MERS Kembali Berjangkit di Saudi, Korban Baru Wafat

Kementerian Kesehatan Arab Saudi,  melaporkan, serangan virus MERS dalam beberapa hari terakhir tmengakibatkan dua warga Saudi meninggal dunia. Di luar itu juga muncul dua kasus baru lainnya. Korban meninggal adalah pria, yaitu warga Najran berusia 82 dan warga Madinah berumur 68 tahun.

Serangan baru virus Flu Arab (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) telah merenggut nyawa dua orang, salah satunya warga Madinah itu dilaporkan sejak Jumat, (24/06) di Saudi Arabia.

Dua kasus baru MERS yang muncul sepekan terakhir di Saudi, menimpa warga Bangladesh berusia 55 tahun yang merupakan kasus pertama serangan MERS di kota  Jeddah, dan perempuan warga Saudi 25 tahun di Riyadh yang didiagnosa sebagai kasus sekunder.

Dengan pelaporan terbaru tersebut jumlah kasus serangan MERS di Kerajaan Saudi sejak  Juni 2012 telah meningkat menjadi 1.400 kasus, di antaranya menyebabkan korban meninggal sebanyak 596 orang.

Kasus virus MERS di Saudi disinyalir terkait dengan kebiasaan masyarakat lokal Saudi, seperti di lingkungan peternakan unta dan prilaku para peternaknya yang tidak sehat.

Adanya beberapa pasien baru yang dirujuk ke rumah sakit, telah menambah kepadatan ruang bagian gawat darurat dan menyuburkan lingkungan yang berpotensi pada penyebaran virus. Kepadatan rumah sakit juga disebabkan menumpuknya pasien dengan beberapa gejala yang belum jelas dan menyerupai flu atau serangan bakteri.