Skip to Content

IPHI Demak Berperan dalam Pembangunan Daerah Pengurus Masa Bakti 2017-2022 Dilantik

Author: | Posted on 2:28 pm

Para jamaah haji yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) memiliki peran besar dalam pembangunan daerah. Karena itu, organisasi kemasyarakatan ini dinilai sangat penting dalam mengonsolidasikan para jamaah yang telah menunaikan ibadah haji di tanah suci tersebut.

Ketua IPHI Kabupaten Demak HM Natsir mengatakan, IPHI telah banyak membawa berkah dan perubahan positif dalam masyarakat.”IPHI merupakan wadah bagi jamaah haji. Melalui organisasi ini kiprah IPHI sangat jelas dalam pembangunan bangsa, termasuk dalam menyerap aspirasi umat. IPHI juga sebagai sarana memperkuat ukhuwah Islamiyah,” ujar Bupati Demak ini di sela pelantikan pengurus daerah IPHI Kabupaten Demak masa bakti 2017-2022 dan pembinaan pasca haji di gedung IPHI, Jogoloyo, Kota Demak, Minggu (5/11/2017).
Menurut Natsir, spirit haji mabrur yang disandang para jamaah menjadi kekuatan bagi IPHI. Karena itu, IPHI senantiasa akan tampil di depan dalam mewujudkan pembangunan di daerah. “Ini sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini, yaitu menjadi haji mabrur sepanjang hayat,” katanya.
Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPHI Jateng H Harsono menambahkan, selain ikut mendorong pembangunan di daerah, IPHI secara nasional, termasuk IPHI Kabupaten Demak, juga berpartisipasi dalam menangani masalah sosial. Bahkan, IPHI juga sempat membantu para pengungsi muslim Rohingya Myanmar yang diusir dari tempat tinggalnya. “Kita transfer ke IPHI pusat dana bantuan dari IPHI Jateng untuk pengungsi Rohingya. Nilainya sekitar Rp 78 juta,” katanya. Kepala Bagian Kesra (Kabag Kesra) Setda Pemkab Demak, Anang Badrul Kamal menyampaikan, para jamaah haji 2017 dikumpulkan dalam rangka syukuran pemulangan haji. Ada lebih dari 1.500 jamaah haji yang hadir dalam kesempatan tersebut. Acara ini juga diisi tausiyah atau mauidzah hasanah oleh KH Mahrus Ali, dari Jepara. “Mauidzah hasanah ini diperlukan agar para jamaah haji selalu mengingat dan menjalankan nilai-nilai ibadah haji sehingga benar-benar menjadi haji mabrur,” katanya. Adapun pengurus harian IPHI Demak yang dilantik adalah HM Natsir (Ketua), H Suyono (Sekretaris), H Sulaiman (Bendahara). Sedangkan, pembina IPHI, Bupati dan Wabup (Joko Sutanto), Wakil Ketua Kepala Kemenag (HM Thoboq), Sekretaris Kabag Kesra (Anang Badrul Kamal).RADARSEMARANG.ID