Nomor Registrasi Bantu Calon Jamaah Pantau Keberangkatan

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan calon jamaah umrah harus meminta nomor registrasi pendaftaran pada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) usai mendaftar.

“Pastikan saat mendaftar, memperoleh nomor registrasi pendaftaran,”kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan nomor registrasi pendaftaran berfungsi untuk mengecek proses pemberangkatan melalui aplikasi Sistem Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SIPATUH). Ia mengingatkan, proses akhir pendaftaran ibadah umrah adalah keluarnya nomor registrasi (sejenis nomor porsi dalam ibadah haji).

Nizar menegaskan nomor registrasi itu membantu calon jamaah memantau proses persiapan keberangkatan yang dilakukan PPIU, mulai dari pengadaan tiket, pemesanan akomodasi, hingga penerbitan visa. Ia berujar setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan calon pendaftar ibadah umrah.

Pertama, pilih PPIU berizin resmi. Informasi dapat dilihat di laman Kemenag atau Kanwil Kemenag). Kedua, menakar harga peket umrah yang ditawarkan (mendekati satu sama lain dengan harga referensi).

Ketiga, pastikan saat mendaftar memperoleh nomor registrasi untuk pengecekan pemberangkatan melalui aplikasi SIPATUH. Keempat, pastikan paket yang ditawarkan sesuai standar pelayanan minimal (SPM) yang meliputi, bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi dan konsumsi, kesehatan, serta perlindungan jamaah.

Kelima, segera melapor jika menemukan masalah melalui aplikasi SIPATUH. Nizar mengatakan PPIU yang terdaftar di aplikasi SIPATUH dipastikan mendapat izin resmi Kemenag. Pun paket yang ditawarkan sudah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Umi Nur Fadillah