Mardani: Perlu Peta Jalan Kuat untuk Kemandirian Umat

Untuk mencapai kebangkitan umat Islam Indonesia yang kuat, saat ini harus direncakan secara sungguh-sungguh. Untuk kepentingan yang sedemikian besar, tidak dapat dilaksanakan secara tidak terencana.

“Harus ada blueprint yang tersusun dengan baik untuk menjawab tantangan masa depan umat. Kita perlu roadmap di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Yang sedang dikerjakan IPHI untuk kemandirian umat melalui jalur penguatan ekonomi dan bisnis adalah salah satunya,”demikian disampaikan Dr. Mardani Ali Sera, dalam Diskusi Bulanan di kantor PP IPHI, Jalan Tegalan Matraman Jakarta, Jumat (29/03/2019).

Diskusi Masalah Keumatan ini juga menghadirkan peneliti LIPI Prof. Dr. Siti Zuhro, MA dan Dr. Muhammad Nasih.

 

Dijelaskan, pada saat ICMI dan Bank Muamalat berdiri untuk merespon kebutuhan umat Islam yang mayoritas ini, kedua institusi tersebut disiapkan dengan matang. Namun saat ini kebangkita umat Islam baru berupa gerakan-gerakan sporadic untuk merespon keadaan sosial dan politik.

“Perlu disiapkan perangkatnya hingga aturannya. Kita lihat misalnya, Bank Syariah yang ada saat ini adalah  bagian dari Bank-Bank induk. Kita tidak memiliki Bank Syariah Nasional seperti di Malaysia yang menjadi penempatan modal nasional. Tidak ada ceritanya bank Syariah yang merupakan anak dapat berkompetisi dengan bank konvensional sebagai induknya,” paparnya.

Sementara itu, Prof. Siti Zuhro menjelaskan, untuk memajukan umat, sebenarnya dapat dilakukan dengan membangun ‘smart people’ di lingkungan masing-masing.

“Saya sudah melakukan percontohan di Lubuk Linggau dan di Jawa Tengah. Keduanya berhasil menjadikan lingkungan yang sehat dan cerdas. Empat Menteri sudah saya bawa ke sana untuk menyaksikan sendiri program mandiri seperti ini. Seorang kepala daerah atau caleg, tidak perlu repot-repot kalua ingin dipilih masyarakat, dengan pendampingan program seperti ini akan lebih mudah berhasil,”ujar Profesor yang biasa dipanggil mbak Wiwik ini.

Dalam diskusi yang dipandu H. Kurniawan ini, Dr. Muhammad Nasih menyoroti akar soliditas umat yang terpendar melemah akibat berebut urusan keduniaan dan abai kepentingan ukhrawi.

Untuk mencapai kebangkitan umat yang kuat, diperlukan peta jalan atau roadmap dengan rancangan yang terukur.