Skip to Content

SAMBUTAN KETUA UMUM PP-IPHI PADA TASYAKUR NASIONAL HARLAH KE-22 IPHI DI DIAMOND SOLO CONVENTION CENTRE, 9 APRIL 2012

SAMBUTAN KETUA UMUM PP-IPHI

PADA TASYAKUR NASIONAL HARLAH KE-22 IPHI

DI DIAMOND SOLO CONVENTION CENTRE, 9 APRIL 2012

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Innalhamda lillah, wasshalatu wassalamu ala Rasulillah, wala hawla wala quwata illa billah. Amma ba’du

Yang sama-ama kita hormati, kita cintai dan kita banggakan Presiden Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono,

Bapak H. try Sutrisno selaku Ketua Dewan Penasehat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia,

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat beserta Anggota DPR,

Menko Kesra, Menteri Agama beserta Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Dua,

Gubernur Jawa Tengah dan Para gubernur yang hadir pada malam hari ini,

Bupati/Walikota, Pengurus Ormas, Alim Ulama, Tokoh masyarakat, Pengurus IPHI baik Pusat, Wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting seluruh Idonesia,

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Seraya memanjatkan puji dan syukur kehadirat ilahi robbi serta shalawat dan salam kepada junjungan panutan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Malam yang penuh berkah ini, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia menyelenggarakan Tasyakur Nasional Tahniah Ke-22 perjalanan Persaudaraan Haji yang sekaligus kami laporkan kepada Bapak Presiden Tahniah itu diikuti oleh pengurus dan jamaah haji seluruh Indonesia pada jam 19.00 tadi di Cabang, di Ranting, dan di Daerah yang tidak hadir di sini menyelenggarakan Tasyakur dengan potong tumpeng dan sekaligus saat ini melalui siaran langsung TVRI, TATV, dan RRI mengikuti kegiatan acara Tasyakur Nasional dari Surakarta Jawa Tengah.

Kegembiraan itu makin bertambah, hadirin dan hadirat terutama keluarga besar Persaudaraan Haji, oleh karena selama ini kita senantiasa mendapatkan bimbingan yang terus menerus dari Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan kita semua keluarga besar haji Indonesia yakin dengan bimbingan beliau haji Indonesia ke depan akan lebih kontributif bagi kemaslahatan bangsa dan Negara.

Dalam kaitan itulah, Bapak Presiden yang kita hormati, yang kami muliakan, para pengurus dan keluarga besar jamaah haji Indonesia amat mengharapkan apa yang kita perankan dalam kegiatan organisasi dengan sebutan Almusyriful Aam Li Jamiatil Hajj Indonesia. Itulah gelar yang barangkali amat mulia bagi Persaudaraan Haji di Indonesia.

Bapak Presiden dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono yang kami muliakan, ikon persaudaraah haji sekarang adalah Haji Sepanjang Hayat. Maknanya adalah nafas, perbuatan dan sikap para haji dalam keseharian hidupnya mesti mencerminkan nilai-nilai haji yang selama ini telah dilaksanakan. Ada nilai-nilai Thawaf, ada nilai-nilai Sa’i, ada nilai-nilai Wukuf, ada nilai-nilai Jamarat, dan itulah yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Para haji bukan hanya menjadi shaleh secara individual tetapi sekaligus juga diharapkan shaleh secara sosial.

Implementasi dari shaleh secara sosial itu, dalam organisasi IPHI telah dibakukan melalui Program Prioritas yang meliputi pertama adalah partisipasi para haji untuk membantu masyarakat di bidang ekonomi, yang kedua di bidang pendidikan dan yang ketiga di bidang kesehatan.

Dalam konteks itulah, Bapak Presiden dan ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, beberapa daerah IPHI yang telah berprestasi di tiga bidang itu akan memperolah penghargaan IPHI Award sebagaimana yang telah pernah kami berikan tahun lalu di Jakarta.

Hadirin Rahimakumullah,

Berkaitan dengan potensi ekonomi bagi jamaah haji, kami melihat satu syiar Islam yang mesti perlu kita kembangkan di masa depan dan Bapak Presiden pernah mencanangkan syiar Islam ini pada tanggal 8 Januari 2010 di Istana Negara. Dan pada malam ini persaudaraan haji menyambut semua itu dengan menggemakan kembali semangat para haji untuk melaksanakan kegiatan wakaf melalui uang atau wakaf uang produktif sebagaimana telah diisyaratkan oleh UU Wakaf yang baru.  Kami telah bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia Bapak Prof. Dr. KH. Tholhah Hasan dan MoU sudah kami tandatangani, IPHI ingin mengajak umat Islam di seluruh Indonesia agar potensi wakaf itu bisa terus kita kembangkan di masa depan. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas bimbingan Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Karena beliau telah memulai dan mensponsori untuk membayar wakaf uang bagi pembangunan Grand Wakaf Persaudaraan Haji.

Kalau Bapak/Ibu melihat backdrop di belakang ada dua disain gedung di sebelah kanan dan kiri. Inilah detail gedung yang telah dicanangkan oleh Persaudaraan Haji untuk dibangun. Dan nanti akan disayembarakan mana di antara dua disain ini yang akan dipilih  di sebelah kanan atau di sebelah kiri. IPHI telah menugaskan pasangan Parni-Parno, yaitu Bapak H. Parni Hadi dan Bapak H. Erman Suparno untuk mengembangkan penyelesaian gedung ini, Bahkan tadi malam Bapak Presiden, Ketua Dewan Penasehat IPHI Bapak H. Try Sutrisno sudah memerintahkan agar Bendahara Umum IPHI H. Muhammad Lukminto menyelesaikan pembangunan gedung ini.

Oleh karena itu, IPHI amat optimis bahwa ikon Grand Wakaf jadi kebanggan haji di Indonesia Insya Allah akan dapat terwujud. Terlebih apabila Bapak Menteri Agama dapat berkontribusi, oleh karena saya membaca di dalam Fatwa Majelis Ulama, Dana Abadi Umat dari efisiensi penyelenggaraan haji yang konon sekarang jumlahnya sudah mencapai 2,5 triliun rupiah, dan saya juga tahu Bapak Presiden belum mengeluarkan peraturan untuk apa. Oleh karenanya kami dalam kesempatan ini mohon kiranya ada sebagian dana itu diwakafkan bagi  pembangunan Grand Wakaf Menara IPHI.

Hadirin dan hadirat Rahimakumullah,

Dalam tahniah Harlah ke-22 IPHI kami telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang semua itu kita khidmatkan untuk kemaslahatan masyarakat, terutama di Solo dan eks Karesidenan Surakarta. Kegiatan antara lain adalah donor darah, tanam pohon, tebar benih. Di bawah pimpinan Bapak Gubernur Jawa Tengah beliau telah menebar benih di Waduk Kedungombo 450 bibit. Waktu itu Pak Wanto menyebutkan di sana ada tiga bibit, ada bibit ikan, bibit tanaman dan Bibit Waluyo.

Kemudian juga menyelenggarakan IPHI Expo, Tabligh Akbar. Dan  Alhamdulillah kami laporkan kepada Bapak Presiden, IPHI Persaudaraan Haji menafikan seluruh macam perbedaan pandangan dan bahkan mazhab. Kemarin malam minggu di bawah pimpinan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, kami menyelenggarakan tabligh di Stadion Kota Barat. Hadir seluruh tokoh masyarakat dari kalangan Nahdliyin, kalangan Muhammadiyah, LDII, MTA dan seluruhnya bersatu menjadi satu dalam dzikir bersama dalam Tabligh Akbar. Inilah IPHI yang mewadahi seluruh aliran, seluruh mazhab, seluruh macam-macam golongan hanya satu IPHI seragam dengan baret putihnya.

Dan pada Minggu pagi, kami selenggarakan acara gerak jalan haji Indonesia yang dilepas oleh Bapak Walikota diwakili Bapak Sekda dan terakhir kami selenggarakan kegiatan santunan kaum dhuafa.

Itulah rangkaian kegiatan Harlah IPHI ke-22 dan akhirnya dengan kerendahan hati, kami semua jamaah haji di seluruh Indonesia memohon kesediaan Bapak Presiden Republik Indonesia berkenan memberikan amanah dan bimbingan agar apa yang Bapak sampaikan nanti menjadi pedoman bagi kegiatan organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia di masa depan.

Demikianlah yang dapat kami laporkan kepada para hadirin, khusunya kepada Bapak Presiden dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono.

Wal ‘afwu Minkum, Fastabiqul Khairat, Billahit Taufiq wal Hidayah, Wallahul Muwafiq ila Aqwamith Thariq,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 Surakarta, 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Ketua Umum PP-IPHI,

 

Drs. H. Kurdi Mustofa, MM