PD IPHI Kabupaten Pemalang Selenggarakan Diklat Pembimbing Haji

Pemalang-Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD-IPHI) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Pembimbing Haji Kabupaten Pemalang yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 28 Desember 2013 bertempat di Aula Gedung IPHI Kabupaten Pemalang yang terletak di Jalan Pemuda (Kompleks Masjid Al-Hidayah) Pemalang. Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta dari kalangan Pengurus Cabang IPHI Kecamatan, dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dan dari kalangan ormas lainnya.

Di dalam upacara pembukaan, Sekretaris PD-IPHI Kabupaten Pemalang ? H.Aunurrofiq, S.H. ? menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan bekal kepada para pembimbing calon jamaah haji Kabupaten Pemalang. Menyinggung kegiatan IPHI Daerah Kabupaten Pemalang, H.Aunurrofiq, S.H. mengakui bahwa masih banyak program yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, untuk itu ia berjanji akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lainnya dalam sisa waktu kepengurusan PD-IPHI Kabupaten Pemalang masa bakti 2009-2014 yang akan segera berakhir.

Drs.H.M.Sya’roni – Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Jawa Tengah – dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan pendidikan dan latihan ini mampu menghasilkan pembimbing-pembimbing haji yang handal dan mampu memberikan bimbingan haji kepada calon jamaah haji, sehingga para jamaah haji dapat mandiri dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah haji di tanah suci, sehingga tidak terlalu tergantung kepada orang lain.

Selanjutnya Drs.H.M.Nur Fawzan Ahmad, M.A. dalam paparannya tentang organisasi IPHI menegaskan tentang pentingnya memelihara kemabruran haji. “Kemabruran ibadah haji dapat dilihat setelah kembali dari tanah suci, bukan hanya pada saat menjalankan ibadah di tanah suci. Salah satu ciri kemabruran haji adalah apabila seseorang setelah menunaikan ibadah haji menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Kemabruran haji ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kesalehan pribadi maupun kesalehan sosial.” tegas Fawzan.

Seluk beluk tentang Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia dijelaskan secara rinci dan gamblang oleh Fawzan, selanajutnya ditegaskan pula bahwa PD-IPHI Kabupaten Pemalang sebenarnya memiliki asset yang luar biasa, tanah yang luas, 2 gedung sekolah, dan aula sebagai tempat pertemuan maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Untuk itu potensi ini harus diberdayakan oleh IPHI Kabupaten Pemalang. (HM.Sya’roni-PW IPHI Jateng)