Ibadah Haji 2,3 Juta Jamaah Usai, Raja Salman Ucapkan Terima Kasih

Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sudah selesai, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengucapkan terima kasih atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji kepada semua pihak yang terlibat.

“Memberi apresiasi tertinggi, selamat atas kesuksesan Idul Adha dan keberhasilan haji tahun ini,” tutur Raja Salman seperti yang dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (27/08/2018).

Kata Raja Salman, rencana keamanan, peraturan, dan lalu lintas yang komprehensif mampu memobilisasi keberadaan 2,3 juta jemaah haji tahun ini dengan baik. Hal itu juga membuat jamaah haji dapat beribadah dengan mudah, aman, dan tenang di Tanah Suci.

“Upaya signifikan telah dilakukan oleh pemerintah dan badan-badan non pemerintah untuk melayani jemaah,” tandasnya.

Raja Salman pun mendoakan agar Allah SWT menerima doa-doa jemaah haji serta memberi keselamatan saat mereka pulang ke Tanah Air masing-masing.

Selain itu, Putra Mahkota Mohammad bin Salman juga turut mengucapkan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri dan Ketua Komite Haji Tertinggi Pengeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

“Kami berterima kasih dan mengucapkan selamat atas apa yang telah dicapai, berkat upaya semua orang untuk melayani jemaah,” ujar dia.

Putra Mahkota menilai implementasi yang akurat dari rencana keamanan, pencegahan, peraturan, dan lalu lintas haji membuat 2.371.675 jemaah haji dapat tiba di Arafah untuk melakukan puncak haji.

Ia menjabarkan rencana lalu lintas dilaksanakan dengan akurat, kedatangan ke Arafat selesai dalam waktu singkat, mobilisasi dari Arafah ke Muzdalifah-Mina selesai dengan mudah dan sesuai, lontar jumroh, beribadah di Masjidil Haram untuk melakukan tawaf ifadah, dan mengikuti bimbingan.

“Situasi keamanan stabil tanpa terjadi insiden, pengawasan secara ketat dilakukan terhadap jamaah haji, petugas mengamati kondisi kesehatan jamaah, sehingga tak ada edipemi yang muncul.

Pengeran Abdul Aziz menganggap keberhasilan haji tahun ini tak lepas dari arahan Raja Salman dan Putra Mahkota.

“Dedikasi personel keamanan, anggota sektor sipil, dan militer juga diapresiasi dalam mendukung penyelenggaraan haji,”ujarnya